Jumat, 26 Februari 2010

Berperan Sebagai Mahluk Yang Bernama Manusia Di Sebuah Kehidupan

Kita sebagai manusia yang diciptakan mempunyai berbagai kelebihan di banding mahluk lain Seperti ,otak yang berkemampuan untuk berpikir , emosi, jiwa, perasaan , hawa nafsu, seksualitas dan indera-indera untuk merasakan, melihat atau melakukan sesuatu. Disamping itu pula kita sebagai manusia mempunyai kebutuhan secara individu dan Sosial, Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri seperti, makan, bernafas, tidur dan lainnya. Sedangkan untuk kebutuhan Sosial kita seperti hubungan antara manusia dengan keluarganya, manusia dengan lingkungannya ,manusia dengan manusia lainnnya atau manusia dengan Masyarakat. Dan diantara kebutuhan atau hubungan itu juga saling terkait untuk memenuhinya. Untuk lebih jelasnya mengenai manusia sebagai mahluk individu dengan kebutuhan sosialnya dapat dilihat di bawah ini :

A.Manusia dengan Keluarganya

Didalam sebuah keluarga kita tentunya dapat saling berbagi, berkomunikasi dan membantu antar anggota keluarga yang terdiri dari Ayah,Ibu dan saudara kandungnya. Dan ini merupakan awal dari kita untuk bersosialisasi. Fungsi keluarga sendiri menurut Para Ilmuwan sosial ahli sosiologi ,Horton dan Hunt (1984) antara lain ;

· Kelurga berfungsi untuk mengatur penyaluran dorongan seks. Tidak ada masyarakat yang memperbolehkan hubungan seks sebebas-bebasnya antara siapa saja dalam masyarakat.

· Reroduksi berupa pengembangan keturunan pun selalu dibatasi dengan peraturan yang menempatkan kegiatan ini dalam keluarga.

· Keluraga berfungsi untuk menyosialisaikan anggota baru masyarakat sehingga dapat memerankan apa yang diharapakan darinya.

· Keluarga mempunyai fungsi afeksi : keluarga memberikan cinta kasih pada seorang anak. Berbagai studi telah memperlihatkan bahwa seorang anak yang tidak menerima cinta kasih dapat berkembang menjadi penyimpang, menderita gangguan kesehatan dan dapat meninggal dunia.

· Keluarga memberikan status pada seorang anak, bukan hanya status yang diperoleh seperti status yang diperoleh seperti status yang terkait dengan jenis kelamin,, urutan kelahiran dan hubungan kekerabatan tetapi juga termasuk didalamnya status yang diperoleh orang tua yaitu status dalam suatu kelas sosial tertentu.

· Keluarga memberikan perlindungan kepada anggotanya, baik perlindungan fisik maupun kejiwaan. Akhirnya keluarga pun menjalankan berbagai fungsi ekonomi tertentu seperti produksi, distribusi, dan konsumsi.


B. Manusia dengan Masyarakat

Didalam masyarakat seorang manusia dapat bersosialisasi yang lebih luas dibanding dengan keluarga. contohnya, manusia dapat bersosialisasi dengan masyarakat yang dekat dengan tempat tinggalnya

C.Manusia dengan Manusia lainnya

Kita tentunya juga melakukan hubungan dengan manusia lainnya selain kedua hubungan tersebut diatas ,hubungan manusia dengan manusia lainnya dapat dilakukan entah di jalan, kantor, kendaraan umum atau ditempat lainnya ,hal ini juga bertujuan karena kebutuhan manusia itu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar